• Identitas
  • Struktural

I. Visi Program Pendidikan Bahasa Inggris

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang Andal dan Unggul dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Barat, yang menghasilkan lulusan Berkarakter serta Memiliki Komitmen yang tinggi terhadap Pemberdayaan Masyarakat

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pernyataan Andal mengandung arti bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dipercaya dalam melaksanakan suatu Proses Kegiatan Belajar mengajar yang berkualitas.
  2. Pernyataan Unggul mengandung arti bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajarnya senantiasa dengan standar yang tinggi paling tidak sesuai dengan standar akreditasi baik (B) dan lulusannya Kompetitif.
  3. Pernyataan Berkarakter mengandung arti bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris selalu berpegang pada norma dan etika dalam pekerjaannya, sehingga terbentuk kepribadian lulusan yang mencapai tingkat budi (insan kamil). Hal ini ditunjang oleh sikap disiplin, tekun, rasa hormat dan perhatian.

Selanjutnya visi sebagaimana tertera di atas sangat jelas dan realistis karena telah memenuhi persyaratan: imaginable, desirable, Feasible, Measurable, Focus, Flexible, Time Specific dan Communicative. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Imaginable, dengan visi yang disebutkan dapat dibayangkan Program Studi Bahasa Inggris masa depan yang dijamin berkualitas. Hal ini karena dapat dibayangkan ada standar-standar yang ketat diterapkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Desirable, dengan visi tersebut maka seluruh stakeholder merasa nyaman, senang dan terjamin kepentingannya karena Program Studi Bahasa Inggris melaksanakan kegiatannya dengan standar-standar yang jelas dan terkemuka.
  3. Feasible, visi yang dibangun tentu disusun berdasarkan kondisi obyektif yang ada sekarang ini.
  4. Measurable, visi yang dirumuskan dirasakan sudah terukur baik ditinjau dari cakupan maupun dimensi waktu. Tentu penentuannya telah diperhatikan indikator-indikator pencapaian yang terlihat.
  5. Focus, visi yang dirumuskan telah fokus pada kompetensi lulusan.
  6. Flexible, visi yang dirumuskan terbuka untuk adanya perubahan seiring perubahan yang terjadi pada sisi internal maupun sisi eksternal.
  7. Time specific, visi yang dirumuskan telah diperhitungkan secara tepat berdasarkan ketercapaian indikator-indikator yang ditentukan sebelumnya.

Communicative, visi yang dirumuskan telah dengan mudah diingat dan dipahami oleh civitas akademika dan stakeholder program studi ini.

II. Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Untuk mewujudkan visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Kuningan maka ditetapkan misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai berikut:

  • 1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon sarjana Pendidikan Bahasa Inggris sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern.
  • 2. Menyelenggarakan penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris.
  • 3. Memberikan layanan pembelajaran dan administrasi akademik yang berkualitas untuk mendukung proses kuliah mahasiswa.
  • 4. Meningkatkan kompetensi dan motivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk dapat memerankan fungsinya dengan optimal dalam mendukung keberhasilan pendidikan mahasiswa.
  • 5. Mengembangkan dan mengimplementasikan model-model dan metode pembelajaran yang memperkuat karakter mahasiswa sesuai dengan konsep multiple intelligence, agar mahasiswa siap menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.
  • 6. Mengembangkan penelitian-penelitian yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat.

Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi pendidikan Bahasa Inggris.

III. Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) bertujuan:

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang mempunyai kompetensi dalam bidang pendidikan, andal, profesional, mandiri dan berkarakter.
  2. Mempunyai dasar keahlian profesional untuk mempraktekan di tempat kerja, selaku ahli Pendidikan Bahasa Inggris di sekolah tingkat lanjut.
  3. Mempersiapkan lulusan menjadi ilmuwan yang memiliki integritas  tinggi dalam mengembangkan Pendidikan Bahasa Inggris di sekolah dan dimasyarakat.
  4. Memiliki keseimbangan antara intelektualitas, kepribadian dan emosional;
  5. Menghasilkan lulusan yang berkarakter yang mampu menerapkan konsep berpikir tingkat tinggi, sebagai penjabaran dari multiple intelegences dengan cara berpikir logis, inovatif, kreatif dan kritis dalam menyikapi persoalan pendidikan Bahasa Inggris dan sosial.

Mampu mengelola dan mengembangkan nurturant effect secara terus menerus dalam ilmu dan keterampilan sosial uintuk mengupayakan perbaikan mutu kerja dan kehidupan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN/LEARNING OUTCOME LULUSAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

FKIP UNIVERSITAS KUNINGAN

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Strata Sarjana (S1)  yang baru lulus wajib memiliki dan menguasai teori-teori keilmuan dan metode pembelajaran yang terbaharukan, memiliki konsep dan prinsip dalam memahami karakteristik peserta didik, serta pembimbingan dan pengembangan kemampuan peserta didik. Menguasai  konsep, teori serta prinsip kebahasaan baik lisan maupun tulisan serta kesastraan baik yang bersifat khusus maupun umum dalam bidang akademik maupun pekerjaan lainnya yang setara dengan memiliki kemampuan :

  1. Mampu mengintegrasikan dan mengembangkan berbagai disiplin ilmu yang berbasis pada penguasaan Bahasa Inggris.
  2. Mampu memahami dan menggunakan bersifat kritis, analitis, kreatif, dan inovatif dalam menganalisis masalah, memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan segala resiko.
  3. Mampu mengkomunikasikan ilmu, teknologi, dan seni hasil pembelajaran dan penelitian dengan berbagai metode yang bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Mampu memahami tujuan hidup dan perspektif seseorang melalui pengalaman dan transformasi berbagai macam ilmu, teknologi, dan seni sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan kejayaan bangsa.
  5. Mampu memahami dan melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara berperan aktif dalam memajukan bangsa serta menghargai keberagaman budaya bangsa tanpa meninggalkan kearifan lokal bangsa.

Erwin Oktoma, M.Pd.

Erwin Oktoma, M.Pd.

Ketua Program Studi

M. Aprianto Budie Nugroho, M.Pd.

M. Aprianto Budie Nugroho, M.Pd.

Sekretaris Program Studi

Fahmy Hygienis, S.S.

Fahmy Hygienis, S.S.

Kepala Laboratorium Bahasa

Dadang Solihat, M.Pd.BI.

Dadang Solihat, M.Pd.BI.

Dosen Tetap Yayasan

Fahrus Zaman Fadhly, M.Pd.

Fahrus Zaman Fadhly, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Marwito Wihadi, M.Pd.

Marwito Wihadi, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Endang Darsih, M.Pd.

Endang Darsih, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Yuniarti, M.Pd.

Yuniarti, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Vina Agustiana, M.Pd.

Vina Agustiana, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Wulan Rahmatunisa, M.Pd.

Wulan Rahmatunisa, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Yayan Suryana, M.Pd.

Yayan Suryana, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan