Wakil Rektor III Buka POM 2018


Wakil Rektor III Buka POM 2018

UNIKU JAYA – Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan (Uniku) resmi dibuka Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., di Lapangan Rektorat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Senin (30/04/2018).

Acara pembukaan tersebut, dimeriahkan juga penampilan seni tari kembang tanjung dan sampurasun dari Dapur Sastra Universitas Kuningan (Uniku), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Kuningan (Uniku).

Menurut Ketua Pelaksana POM 2018 Erwin Nurfansyah dalam laporannya, mengatakan, kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan nama “POM” itu, merupakan salah satu agenda rutin tahunan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan (Uniku) melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga yang setiap tahunnya konsisten diselenggarakan.

“POM ini merupakan agenda kami (BEM Uniku) yang rutin setiap tahunnya digelar oleh Kemenpora,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya menerangkan, bahwa setiap tahunnya POM ini diikuti lima (5) kontingen. Kelima kontingen itu diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Komputer (FKOM), Fakultas Kehutanan (Fahutan) dan Fakultas Hukum (FH).

“Seperti biasa POM diikuti oleh lima (5) kontingen yang akan berkompetisi untuk memperebutkan juara bergilir Rektor Uniku. Untuk tahun lalu, juara umumnya adalah Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku),” terangnya.

Ditambahkannya, untuk cabang olahraganya sendiri yang dikompetisikan pada POM 2018 itu ada tujuh cabor diantaranya sepakbola, bulutangkis, tenis meja, futsal, basket, voli dan catur. Untuk tempat pelaksanaannya akan digelar di Abah Maja Futsal, Gedung SC, Lapangan Bola Windusengkahan, Lapangan Bola Basket Kompleks Ormawa dan Lapangan Fakultas Ekonomi (FE) Uniku.

“Di POM 2018, ada tujuh (7) cabor yang dipertandingkan seperti cabor sepakbola, tenis meja, catur, basket, voli, futsal dan bulutangkis. Ketujuh cabor akan disebar di beberapa tempat, untuk futsal di Lapangan AMF, cabor bulutangkis, tenis meja dan catur di Gedung SC, Basket di lapangan kompleks ormawa dan voli di lapangan Fakultas Ekonomi (FE) Uniku,” tambahnya.

Sedangkan, Ketua BEM Uniku Rizky Rama Eka Saputra dalam sambutannya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan POM 2018 ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Terimakasih kepada teman-teman mahasiswa dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) BEM Uniku yang telah mempersiapkan dengan matang sehingga POM 2018 ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Rizky yang aktif juga di Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Timbal FKOM itu, mengatakan, dirinya menekankan bahwa POM ini digelar untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa Uniku ke arah yang lebih positif agar menghasilkan atlet-atlet yang mumpuni dari masing-masing cabang olahraganya.

“Saya ingatkan kepada semua mahasiswa dan mahasiswi Uniku, digelarnya POM ini sebagai sarana untuk menyalurkan bakat dan minat para mahasiswa Uniku ke arah yang lebih positif agar lahir atlet-atlet yang handal dan professional di masing-masing cabornya. Dan dijadikan sarana untuk lebih mempererat tali silaturahmi diantara para mahasiswa. Ingat, kita ini masih satu rumah dan satu atap yaitu Universitas Kuningan (Uniku). Jadi, junjung tinggi jiwa sportivitas dan kekeluargaannya yang diutamakan serta tahun ini ada yang masuk ke Liga Mahasiswa (Ligama),” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya, M.Si., mengatakan, dirinya menyambut baik, mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan POM 2018 yang diselenggarakan oleh BEM Uniku periode 2017 – 2018 tersebut.

‘Saya menyambut baik perhelatan POM 2018 oleh BEM Uniku ini. Jadikan POM ini sebagai wahana untuk mempererat tali silturahmi diantara para mahasiswa Uniku dan sebagai sarana untuk menyalurkan bakat. Saya mendukung dan saya apresiasi kegiatan POM 2018 ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, sambung mantan Dekan Fahutan itu, berharap, dari kegiatan yang diselenggarakan BEM Uniku ini, diharapkan mampu menghasilkan atlet-atlet terbaik di cabang olahraganya masing-masing, sehingga nantinya dipersiapkan pada kompetisi di tingkat Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten sebagai wakil dari Uniku.

“Semoga, kegiatan POM 2018 ini menghasilkan potensi atau bibit muda atlet yang terbaik sehingga nantinya akan dipersiapkan untuk wakil Uniku pada ajang kompetisi di tingkat Koperti Wilayah IV Jabar dan Banten. Tetapi, ingat harus sportif dan utamakan kekeluargaan karena kita masih satu rumah yaitu Universitas Kuningan (Uniku),” harapnya.