Uniku Juara I GMM UPI 2018


Uniku Juara I GMM UPI 2018

UNIKU JAYA – Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) yang tampil di ajang “Gema Mahasiswa Matematika (GMM)” Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2018, berhasil meraih juara I dengan menyingkirkan perguruan tinggi ternama seperti UPI, IKIP Siliwangi dan UM Solo.

Ketiga mahasiswa yang berhasil meraih juara dalam ajang GMM UPI 2018 itu adalah Sandy, Egy dan Evi. Mereka dalam ajang GMM UPI 2018 itu, mempresentasikan media E-Math (Ensiklopedia Matematika) yang membahas visualisasi bangun ruang tiga (3) dimensi melalui media buku timbul (Pop Up Book).

“Alhamdulillah, tim Uniku yang terdiri dari tiga (3) orang mahasiswa dan mahasiswi Prodi Matematika, berhasil meraih juara I dalam ajang GMM UPI 2018. Ini patut kita syukuri bersama atas pencapaian prestasi yang berhasil diraih oleh saudara Sandy, Egy dan Evi tersebut,” kata Muhammad Riyadi selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP Uniku saat dimintai keterangannya, Senin (26/11/2018).

Lebih jauh, sambung dosen yang menjadi Pembina dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi Uniku itu, menjelaskan, tim dari Pendidikan Matematika FKIP Uniku berhasil mengalahkan empat (4) tim lainnya yang menjadi finalis pada ajang GMM UPI 2018 tersebut.

“Lima tim yang menjadi finalis yaitu dua (2) tim dari UPI selaku tuan rumah, satu (1) tim UM Solo dan satu (1) tim lagi dari IKIP Siliwangi. Tim Uniku sebelum masuk ke babak grandfinal itu terlebih dahulu harus melewati babak penyisihan dan dinyatakan lolos ke babak final. Salah satu dewan juri yang menilai ajang tersebut adalah Prof. Dahrim yang merupakan pakar media pembelajaran di UPI,” jelasnya.

Ditambahkannya, dirinya mengungkapkan bahwa dengan raihan prestasi ini, menjadi momen istimewa karena tim ini yang 1 tahun yang lalu juga berhasil menjadi juara I di tingkat Jawa Barat dengan berhasil mengalahkan kampus lain terutama tuan rumah UPI.

“Raihan prestasi tersebut menjadi momen istimewa bagi keluarga besar Prodi Pendidikan Matematika FKIP Uniku karena tim ini juga yang berhasil mengalahkan kampus lainnya di tingkat Jawa Barat pada 1 tahun yang lalu. Mudah-mudahan, tahun depan bisa kembali menorehkan prestasi yang sama,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, dirinya kembali mengucapkan sujud syukur kehadirat Allah SWT atas raihan prestasi yang sangat membanggakan dan membawa harum nama Uniku di tingkat Jawa Barat maupun nasional itu.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali kehadirat Allah SWT atas pencapaian prestasi yang berhasil ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku. Baru tadi pagi teman-teman dari UKM Olahraga dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniku melaporkan hasil dari ajang Olimpiade yang digelar di Unswagati Cirebon, siang ini saya mendapatkan kabar gembira kembali dengan menjadi juara I dalam ajang GMM UPI 2018. Kedua prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku ini, patut kita syukuri bersama-sama,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya berharap, dengan diraihnya beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku itu, diharapkan dapat memberikan suntikan semangat bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, raihan prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku ini, diharapkan dijadikan suntikan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk berprestasi lagi baik di bidang akademik maupun non akademik kedepannya,” harapnya.

Perlu diketahui bersama, bahwa mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil mengharumkan nama Uniku dengan menorehkan prestasi baik itu di bidang akademik maupun non akademik, selalu diberikan perhatian yang lebih dari Uniku berupa pemberian “Uang Kadeudeuh” yaitu diberikannya uang pembinaan maupun beasiswa bantuan biaya pendidikan. (Sep)