Mahasiswa PBSI Kunjungan Studi ke Jakarta


Mahasiswa PBSI Kunjungan Studi ke Jakarta

UNIKU JAYA - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (UNIKU), Rabu (21/11/2018), melaksanakan kunjungan studi ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia Kemendikbud Republik Indonesia, dan ke Graha Bhakti Budaya untuk menyaksikan pentas drama Teater Koma.

“Kunjungan ke Perpustakaan Nasional, Pusat Bahasa, dan menyaksikan Teater Koma merupakan bentuk pembelajaran lain yang ditawarkan program studi. Dengan pembelajaran tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengikuti perkembangan mutakhir di wilayah kebahasaan, kesastraan, maupun di wilayah literasi pada umumnya,” ujar Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Arif Hidayat, M.Pd. saat dimintai keterangannya, Sabtu (24/11/2018).

Tidak jauh berbeda, Ilham Maulana Irsyad, Ketua Pelaksana Kunjungan Studi tahun ini, memaparkan, selain melaksanakan agenda rutin di setiap tahunnya, tujuan kunjungan studi ini adalah untuk memfasilitasi rekan-rekan mahasiswa dalam mempelajari bidang studi yang dipelajarinya.

“Dalam hal ini adalah bahasa dan sastra Indonesia secara langsung dilapangan. Hal tersebut dilaksanakan karena tidak mungkin menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan diamati,” paparnya.

Pada kunjungan studi tahun ini, seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerima materi kebahasaan dari Kasubbid Pengendalian, Pusat Bahasa, Badan Bahasa, Hidayat Widiyanto, S.S. bersama Staf Subbid Tenaga Kebahasaan, Raden Muhammad Sunny.

“Sedangkan materi kesasatraan disampaikan oleh Ratna Riantiarno, Pimpinan Produksi Teater Koma dan Marshal, Aktor Teater Koma,” ujarnya.

Selain itu, sebagi salah satu bentuk kerjasama antar lembaga yang punya fokus dalam ranah bahasa Indonesia, pada Jumat (23/11/2018) kemarin, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengadakan sosialisasi dan pelatihan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku).

Atas terselenggaranya rangkaian acara kunjungan studi pada tahun ini, Ilham selaku ketua pelaksana mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah turut andil menyukseskan acara.

“Terlebih kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, dan Teater Koma yang telah menerima serta menyambut kunjungan kami dengan sangat baik, dan semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut, dengan harapan berkembang semakin baik ditiap tahunnya,” harapnya. (De)

 

(Sumber : Dede / PBSI / FKIP / Uniku - red)