Hima PBSI Tutup Semarak Bulan Bahasa Dengan Seminar Nasional


Hima PBSI Tutup Semarak Bulan Bahasa Dengan Seminar Nasional

UNIKU JAYA – Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku),  menutup kegiatan “Semarak Bulan Bahasa” dengan menggelar seminar nasional yang bertemakan “Berliterasi dengan Bahasa dan Sastra” di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Sabtu (27/10/2018).

“Kegiatan seminar nasional yang bertemakan “Berliterasi dengan Bahasa dan Sastra” yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan semarak bulan bahasa itu, merupakan agenda penutup dari seluruh rangkaian acara Hima PBSI FKIP Uniku di semarak bulan bahasa tahun 2018,” kata Aden Eka Pradana selaku Ketua Hima PBSI FKIP Uniku saat dimintai keterangannya.

Sedangkan, Sekretaris Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) selaku Ketua Panitia Pelaksana Seminar Nasional Arip Hidayat, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang mana dari Hima PBSI FKIP Uniku, yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut dengan matang sehingga bisa terlaksana dengan baik dan sukses.

“Terimakasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu sehingga bisa terlaksananya kegiatan seminar nasional yang bertemakan “Berliterasi dengan Bahasa dan Sastra” sehingga bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Dan, tak lupa saya ucapkan selamat datang kepada dua (2) narasumber kunci dan sepuluh (10) narasumber pendamping di Kampus Universitas Kuningan (Uniku),” tuturnya.

Seminar nasional yang diselenggarakan pada hari ini diikuti oleh 450 peserta mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai Program Studi (Prodi) yang ada di lingkungan Uniku dengan menghadirkan dua (2) narasumber kunci yaitu Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., (Pakar Bahasa dan Guru Besar UNS, Dewan Pakar Asosiasi Prodi PBSI (APROBSI), Dewan Pakar Asosiasi Dosen PBSI dan Asesor BAN-PT) dan Acep Zamzam Noor (Sastrawan, Pelukis, Anggota Sanggar Sastra Tasik dan Pembina Komunitas Azan).

“Dalam semarak bulan bahasa 2018, kami hadirkan dua (2) narasumber kunci yaitu Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., (Pakar Bahasa dan Guru Besar UNS, Dewan Pakar Asosiasi Prodi PBSI (APROBSI), Dewan Pakar Asosiasi Dosen PBSI dan Asesor BAN-PT) dan Acep Zamzam Noor (Sastrawan, Pelukis, Anggota Sanggar Sastra Tasik dan Pembina Komunitas Azan),” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan II FKIP Uniku Haruji Satianugraha, M.Pd., dalam sambutannya, dirinya sangat mengapresiasi, mendukung dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana semarak bulan bahasa 2018 yang telah dengan matang mempersiapkan kegiatan tersebut sehingga seluruh rangkaian mulai dari lomba debat bahasa Indonesia dan lomba musikalisasi puisi serta sekarang ditutup seminar nasional bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran panitia semarak bulan bahasa, mulai dari Hima PBSI, Prodi PBSI dan pihak lain yang sudah membantu kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Hima PBSI FKIP Uniku yang selalu konsisten diselenggarakan setiap tahunnya,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung Dosen Pendidikan Biologi FKIP Uniku itu, menjelaskan, bahwa Uniku sekarang institusi perguruan tingginya sudah terakreditasi “B” dari BAN-PT. Uniku merupakan perguruan tinggi yang ke-39 di Jawa Barat yang sudah terakreditasi “B” BAN-PT.

“Untuk Prodi PBSI-nya itu sendiri sudah terakreditasi “A” dari BAN-PT dan merupakan satu-satunya Prodi di wilayah III Cirebon yang sudah terakreditasi “A” dari BAN-PT,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dimeriahkan juga dengan penampilan dari “Dapur Sastra” Universitas Kuningan (Uniku).